Selasa, 28 Juli 2009

Padi Ciherang Diincar Pengusaha Makanan

Kota Bima, Bimeks.-
Menjelang panen padi di kawasan Sipi Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur, sudah banyak pembeli yang mengincar padi Ciherang. Pasalnya, beras jenis itu lembut dan enak dimakan.
Meski harganya lebih mahal dari beberapa jenis beras yang lain, tetapi selalu diincar oleh konsumen, terutama pemilik usaha makanan. “Kita memang kerap ditanya oleh konsumen mengenai jenis beras yang enak, seperti IR 64, Ciliwung, Rambos, dan Ciherang,” ujar, M Yasin, pengusaha penggilingan padi di Kelurahan Dodu, Selasa (28/7).
Dia mengakui, konsumen pemilik usaha makanan banyak yang berlangganan untuk mendapatkan stok beras di Dodu, bahkan mencapai puluhan ton. Namun, terkadang hanya sebagian yang bisa dipenuhi. “Bayangkan, menjelang panen saja sudah belasan orang yang mengincar beras yang enak dan berkualitas baik,” katanya.
Memang disayangkan, katanya, jumlah permintaan cukup banyak dibandingkan dengan beras yang diproduksi. Apalagi, pada penggilingannya harus menyiapkan stok yang banyak untuk kebutuhan Bulog dan jumlahnya mencapai ratusan ton, sehingga jatah yang lain hanya sebagian yang bisa dipenuhi.
Hal senada dikemukakan petani padi di So Sipi Kelurahan Dodu, Muhdin. Beberapa warga meminta agar pascapanen beberapa hari mendatang, gabahnya dijual kepada mereka. Pasalnya, mereka ingin mendapatkan beras baru dan gurih dimakan selama bulan Ramadhan nanti.
“Saya jawab Insya Allah, mudah-mudahan padi saya bisa dipanen dengan baik,” katanya.
Dia mengaku, tanaman padi miliknya sudah menguning dan tinggal beberapa hari lagi akan dipanen. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar