Minggu, 30 Agustus 2009

Kegiatan Ponpes Darul Furqan, Padat

Kota Bima, Bimeks.-
Sebelum bulan Ramadan, Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Furqan di Dodu memiliki kegiatan tetap seperti latihan membuat kaligrafi, ceramah, mengaji dan kegiatan lainnya. Sekarang kegiatan pada Ponpes wilayah Dodu itu bertambah dengan kegiatan Nujulul Qur’an, MTQ, kuis Ramadan, dan tarawih. Tidak hanya kegiatan yang bertambah, jadwal kegiatannya pun ikut berubah.
Sebelumnya diadakan pukul 08.00-12.00 Wita, sekarang diganti pukul 13.00 Wita. Pagi hari diisi dengan kegiatan Ramadan. Hal itu sengaja dilakukan supaya kegiatan Ramadan lebih efektif.
Pimpinan Ponpes, Drs H Musaddad, SH, menjelaskan kegiatan yang melibatkan 28 pengajar dan 500 santri itu untuk menambah keimanan dan ketakwaan (Imtaq) seluruh komponen yang terlibat di dalamnya sehingga budaya dan pola kehidupan yang Islami terbentuk. Sebagaimana tercantum dalam misi Ponpes Darul Furqan, menjadi sumber dibentuknya manusia yang berkualitas dalam berilmu pengetahuan, kepribadian Islami yang sehat jasmani dan ruhani.
Dikatakannya, untuk menggali potensi para santri mengadakan kegiatan seperti latihan ceramah, khat kaligrafi, les privat bahasa Arab, dan bahasa Inggris dengan mendatangkan dua pengajar dari luar Ponpes. Disamping itu, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif, Ponpes menyediakan fasilitas seperti gedung sekolah yang bertingkat, masjid, perpustakaan, koperasi yang menjual segala keperluan para santri dan fasilitas pelengkap lainnya seperti empat unit komputer, satu unit laptop. “Para santri diberi fasilitas yang lengkap,” katanya di Dodu, Sabtu (29/8).
Efektifkah penerapan kegiatan Ramadan terhadap para santri, mengingat banyaknya kegiatan keagamaan dalam Ponpes itu? Khanifa, santri kelas III SMA asal Dodu, mengaku bisa menambah ilmu dan menciptakan kreatifitas para santri dengan berbagai kegiatan yang disuguhkan dalam bulan Ramadan. “Dengan kegiatan ini kami mendapat inspirasi dan ilmu,” tuturnya. (K05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar