Selasa, 04 Agustus 2009

STT Bima Seleksi Mahasiswa Baru


Kota Bima, Bimeks.-
Sebanyak seratus calon mahasiswa baru, Senin (3/8) sore, mengikuti seleksi ujian masuk Sekolah Tinggi Teknik (STTB) Bima.
Ketua Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bima, Ir Ruslan menyebutkan, seleksi penerimaan mahasisiswa baru itu pertama kali dilakukan pascalembaga itu mengantungi ijin resmi dari Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) No 08.22/D2.2/2009. “Kita baru berani menerima mahasiswa setelah ada ijin atau legalitas resmi dan ini baru pertama kalinya kita terima,” ujar Ruslan kepada wartawan, Senin (3/8).
Dikatakannya, secara umum, STT Bima berdiri guna menjawab animo masyarakat yang melanjutkan pendidikan bidang eksak, khususnya teknik. Sesuai ijin Dikti, tahun ini PTS yang berlokasi di Salama itu membuka tiga program studi (Prodi) yakni Teknik Sipil, Teknik Pembangunan Wilayah (Planologi) dan Teknik Lingkungan dengan dukungan kualitas dosen starata 2 dan 3 dari dalam dan luar negeri.
Ruslan mengatakan, meski terbilang baru berdiri, STT Bima memiliki dukungan fasilitas seperti laboratorium praktik untuk masing-masing jurusan. Seperti laboratorium komputer, bahasa, studio gambar sehingga bisa menyiapkan tenaga teknis yang berdaya saing. “Alhamdulillah, walaupun baru beberapa fasilitas juga sudah kita lengkapi,” ujarnya.
Ruslan menambahkan, selain menerima mahasiswa S1 reguler, STT juga menerima mahasiwa transfer dari D3 khusus untuk prodi Teknik Sipil. sesuai jadwal tes seleksi akan dilakukan secara bertahap, gelombang pertama Senin (3/8) kemarin dan gelmbang kedua 4 hingga 8 Agustus mendatang. “Sehari setelah ujian itu baru kita umumkan hasil ujiannya,” katanya.
Sementara Ketua Yayasan STT Bima, Drs Zainul Arifin mengatakan, secara umum, kehadiran PTS itu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat di bidang eksak. Dalam jangka panjang diharapkan juga menjadi embrio sebagai sebuah Universitas bahkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bima.
“Untuk bisa mewujudkan sebuah universitas itu harus ada jurusan eksak-nya minimal dua program studi. Nah, ini yang berusaha kita wujudkan, ini sekaligus bisa menjadi embrio PTN,” katanya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar