Senin, 07 September 2009

Tempat Wisata Kota Bima Dibenahi

Kota Bima, Bimeks.-
Menjelang liburan Idul Fitri 1430 Hijriyah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Bima membenahi sejumlah objek wisata pantai. Pembenahan ini dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.
Diperkirakan warga yang akan menghabiskan liburan Idul Fitri nanti akan menyerbu sejumlah objek wisata pantai di Kota Bima.
Pantauan Bimeks, Sabtu (5/9) lalu, Kadis Budpar Kota Bima, Drs H Muhiddin, meninjau sejumlah objek wisata pantai yang telah dibenahi, seperti pantai Lawata, pantai Ama Hami, dan pantai Ni’u.
Pembenahan ini, menurut Muhiddin, meliputi penanaman tanaman hias dan tanaman pelindung, pengecatan pembersihan dan penyiapan sarana penunjang seperti WC, kamar ganti, dan mushala. Diakuinya, meski dana minim, pembenahan objek wisata harus dilakukan karena tuntutan pelayanan menjelang liburan Idul Fitri. “Kita berharap para pengunjung akan betah berada di lokasi wisata yang bersih, asri, dan lengkap sarananya,” ujarnya.
Khusus objek wisata pantai Ni’u, Dinas Budpar Kota Bima telah menempatkan seorang penjaga aset dan yang akan merawat taman dan sarana penjang yang dibangun. Apalagi, objek ini berada dekat dengan pintu gerbang kota, sehingga menjadi kesan pertama para pendatang atau tamu.
Selain itu, letaknya di dekat jalan raya sehingga pembenahan ekstra harus dilakukan. Diakuinya, meski bukan daerah kunjungan wisata, namun Kota Bima yang merupakan kota transit, sehingga harus berupaya agar tamu yang datang betah berada lama di Kota Bima. Salah satu caranya adalah menyiapkan objek dan sarana wisata yang memadai.
Hal lainnya, katanya, untuk mendukung pembangunan pariwisata, Dinas Budpar menjalin kemitraan dengan sejumlah pengusaha bidang perhotelan, rumah makan, jasa dan industri rumah tangga (home industry).
“Mereka telah dibekali dengan pengetahuan tentang kepariwisataan, sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengelola pariwitasa Kota Bima,” katanya. (BE.14)

1 komentar: