Rabu, 29 Juli 2009

Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas dan Produk Hukum Digelar

Bima, Bimeks.-
Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Tata Naskah Dinas dan Produk Hukum berlangsung Rabu di Paruga Parenta Pemkab Bima. Pesertanya adalah sekretaris dan pejabat yang menangani penyusunan tata naskah dinas dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Bimtek dilaksanan oleh Bagian Administrasi Hukuum dan Perundang-undangan Setda Kabupaten Bima dan dibuka Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs HM Taufik. Tujuannya untuk menyamakan persepsi di antara SKPD tentang sistem, mekanisme, dan prosedur penyusunan tata naskah dinas dan produk hukum.
 Taufik mengemukakan tata naskah dinas dan produk hukum yang memenuhi syarat formal dan material, dengan memerhatikan aspek kepastian hukum, transparansi, keseragaman dan estetika, penting untuk menunjang kegiatan pemerintah daerah dalam bidang administrasi. Taufik berharap peserta memahami aturan main dalam penyusunan tata naskah dinas.
Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kabupaten Bima, Agus Cunanto, SH, mengharapkan melalui Bimtek itu akan muncul inisiatif dan prakarsa dari SKPD dalam penyusunan produk hukum dan tata naskah dinas yang memenuhi syarat formal dan material, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pemateri dalam kegiatan itu adalah Kabag Organisasi Setda Kabupaten Bima, Drs Masykur, MM, yang menguraikan tentang Tehnik Penyusunan Tata Naskah Dinas. Dua pemateri dari Bagian Hukum Setda, yaitu Agus Cunanto, SH dan Julkifli, SH, MHum, yang menguraikan tentang Sistimatika dan Tehnik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar