Rabu, 22 Juli 2009

Imigran Afghanistan masih di Losmen Dara

Kota Bima, Bimeks.-
Aparat Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bima hingga Selasa masih mengamankan para imigran asal Afghanistan di losmen Dara. Belum ada kepastian sampai kapan warga Timur Tengah itu akan berada di Bima.
Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polresta Bima, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sajimin, SIK, menjelaskan saat ini masih mengamankan 21 orang dan kepastian penanganan lanjutan terhadap mereka belum diketahui. “Kami masih menunggu putusan dari pihak Imigrasi Jakarta. Apakah nanti akan ditampung oleh Imigrasi di satu tempat, di Kabupaten Bima dan Dompu,” katanya di Polresta Bima, Rabu (22/7).
Soal deportasi, juga belum diketahuinya. Diakuinya, penanganan imigran lebih sulit, karena bukan dikategorikan pelaku kriminal, hanya pelanggaran administrasi keimigrasian. “Mereka tidak bisa disel seperti pelaku kriminal lainnya,” ujarnya.
Dugaan adanya jaringan imigran yang melibatkan orang Bima, belum bisa dipastikannya. Termasuk apakah nakodanya asal Bima atau bukan, karena telah kabur. Hanya saja, diyakinkannya dalam kasus imigran ini tidak melibatkan orang daerah, karena mereka terdampar.
Pelaku yang melibatkan orang Bima, diakuinya, memang ada dalam kasus sebelumnya. Malah, sudah divonis oleh Pengadilan. (BE.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar