Rabu, 29 Juli 2009

Lumpuh Layu Serang Lima Bersaudara

Dompu, Bimeks.-
Lima anak dari sepuluh bersaudara di Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten Dompu diidentifikasi menderita lumpuh layu. Mereka adalah Nuraini, Nurmiati, Nurhayati, Arif Budiman, dan Abubakar. Semuanya anak pasangan M Saleh Hamid-Mulyati yang menempati rumah di sebuah kebun dusun Sipong.
Dari pengakuan orang tuanya, kelima anak itu mulai mengalami penyakit aneh ketika menginjak masuk SMP. Namun, dari kelima anak yang mengalami lumpuh layu itu, semuanya bervariasi. Artinya, tidak semuanya berdasarkan urutan kelahirannya.
“Ini penyakit lumpuh yang diderita anak-anak saya bukan berdasarkan penyakit bawaan atau keturunan,” kata Mulyati di Dompu, kemarin.
Dikatakannya, selama ini belum pernah mengobati penyakit itu ke RSUD Dompu, apalagi dokter. Tidak ada uang untuk membiayai pengobatan yang kemungkinan mahal itu. Bahkan, kata Saleh, dulu pernah memeriksa ke Puskesmas. Namun, jawaban dari pihak Puskesmas kala itu penyakit itu tidak ada obatnya
“Selama ini kelima anak saya yang mengalami penyakit lumpuh tidak pernah dibawa ke dokter dan hanya pada Puskesmas saja. Sebab, ke dokter memerlukan uang,” jelasnya.
Karena kenyataan itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Dompu membantu meringkan beban yang dialami mereka.
Penyakit parah juga dialami Siti Mariam (40), warga lingkungan Zado Kelurahan Bali I Dompu. Dia menderita kanker mata sudah hampir dua tahun terakhir. Hingga sekarang belum sembuh. “Saya tidak memiliki biaya untuk operasi sesuai dengan saran dokter,” ujarnya. (BE.15)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar