Selasa, 28 Juli 2009

PD Wawo, Layu Sebelum Berkembang

Bima, Bimeks.-
Keberadaan Perusahaan Daerah (PD) Wawo sebagai satu-satunya milik Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Bima, awalnya memang membanggakan. Namun, kenyataan itu kini berbeda. Kondisinya justru menyedihkan. Demikian penilaian anggota Komisi Komisi B DPRD Kabupaten Bima, Khalid, SE, Selasa (28/7).
“PD Wawo adalah satu-satunya perusahaan daerah yang dibanggakan, namun kebanggaan itu sirna karena tidak bisa berkembang,” katanya.
Meski PD Wawo terus dibantu dalam permodalan, kata Khalid, namun tidak bisa berkembang ke arah lebih baik. Pada 2007 pemerintah daerah memberi modal Rp1,5 miliar lebih dan ditambah 2008 sebesar Rp300 juta. Dana itu digunakan untuk membangun pabrik es dan biaya investasi pembayaran jaringan dan daya listrik untuk operasional pabrik “batu air” itu.
Awalnya, diakuinya, keberadaan usaha itu diharapkan dapat mengangkat atau menyehatkan keuangan PD Wawo. “Namun, lagi-lagi PD Wawo tidak bisa keluar dari krisis keuangan, bahkan kini tidak bisa lagi menggaji karyawan,” bebernya.
Memang, katanya, pada tahun 2008 PD Wawo mempu menyetor PAD sebesar Rp13 juta dari target Rp250 juta. Untuk itu, komisi B meminta agar DPRD Kabupaten Bima membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk audit investigatif terhadap keuangan perusahaan itu oleh BPK. Meskipun sudah ada audit oleh tim auditor sejak 2005 lalu, namun belum diselesaikan. Pernah diperlihatkan hasilnya ke Komisi B, namun belum ditandatangani oleh auditor independen yang ditunjuk.
“Alasan belum adanya hasil, karena alamat auditor yang tidak jelas. Muking menunjuk auditor ilegal, sehinga sudah tiga tahun hasilnya belum ada,” ujarnya.
Selain itu, Komisi B meminta agar pemerintah daerah melanjutkan investasi ke PDAM, Bank NTB, PD BPR LKP, dan PT BPR Pesisir Akbar. Apalagi, penerimaan investasi mencapai Rp135,68 persen.
Permintaan hasil auditor terhadap PD Wawo, juga disampaikan oleh Sekretaris Komisi A, Syamson, SPt. Komisi A meminta agar hasilnya disampaikan ke Dewan, termasuk untuk KUD Sumber Jaya Rato Kecamatan Bolo. (BE.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar