Jumat, 24 Juli 2009

Pendidikan Gratis, APM Tingkat Menengah Naik

Dompu, Bimeks.-
Sejak program pendidikan gratis tahun 2008 di Kabupaten Dompu dilaksanakan, ada kemajuan dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama pendidikan tingkat menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK). Demikian dikatakan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Ir Husni Thamrin, Msi, Kamis (24/7).
Menurutnya, program itu juga meningkatkan angka partisipasi murni (APM) tingkat SMA dari 45 persen menjadi 70 persen pada awal tahun 2008 lalu. Sejak pendidikan gratis mulai dilaksanakan, kemajuan sektor pendidikan terlihat. "Dengan program pendidikan gratis ini, saya rasa tingkat partisipasi murni lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya," katanya di Dompu.
Hal itu, katanya, dapat dilihat dari kondisi sebelum program pendidikan gratis, sekitar 30 persen penduduk Dompu yang tamat SMP, belum bisa melanjutkan ke jenjang SMA/SMK. Namun, setelah program pendidikan gratis ini, masyarakat diharapkan terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini akan terus disosialiasaikan kepada seluruh warga masyarakat Dompu, sehingga masyarakat atau orang tua murid nanti dapat memahami tentang arti dari program pendidikan gratis.
"Saya berharap agar program pendidikan gratis ini harus dapat dipahami oleh seluruh masyarakat, terutama orang tua murid itu sendiri," katanya.
Peranan semua elemen masyarakat diharapkan mendukung program pendidikan gratis. Selain itu, ke depan pemerintah daerah (Pemda) Dompu harus tetap memrioritaskan peningkatan program pendidikan gratis, terutama untuk membangun sarana dan prasarana penunjang lainnya. (BE.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar