Jumat, 24 Juli 2009

Perlu Kebersamaan Jaga Kebersihan Masjid

Kota Bima, Bimeks.-
Menjaga kebersihan perlu keterlibatan semua pihak. Perlu kesadaran kolektif, karena kebersihan itu dalam pandangan Islam sebagian dari keimanan. Demikian dikatakan Sekretaris Pengurus Majid Sultan Muhammad Salahudin Bima, Hafid H Admad, BA, di kantor redaksi Bimeks, Jumat sore.
Hafid menanggapi SMS Lapor Pak! Harian BimaEkspres edisi Jumat (24/7), yang meminta agar kamar mandi atau WC masjid Sultan M Salahudin dibersihkan agar para jamaah nyaman.
Sebenarnya, kata Hafid, pengurus masjid sudah berupaya menyiapkan fasilitas yang lebih baik untuk Masjid Sultan Salahuddin. Termasuk WC yang kini dibangun baru, menggantikan bangunan sebelumnya. “Kebersihan WC tersebut, tidak semua dibebankan kepada pengurus masjid, tetapi kepada jemaah yang menggunakan, hendaknya menjaga kebersihan,” pesannya.
Terkadang, ketika ada yang memanfaatkan kamar mandi, ujarnya, ada yang tidak menjaga kebersihannya. Akibatnya, orang yang datang kemudian merasakan aroma tak sedap. “Apalagi lokasi masjid yang strategis, sehingga siapapun dapat singgah untuk memanfaatkan kamar mandi,” ujarnya.
Meski, kata dia, pengurus masjid sendiri terus berupaya menjaga kebersihannya. Namun, ingatnya, perlu ada kebersamaan. Di kamar mandi masjid Sultan Salahuddin sendiri, sebenarnya sudah ditempel himbauan menjaga kebersihan.
Sebelumnya, seorang warga melalui nomor HP 081335603XXX melaporkan agar kebersihan sarana perlengkapan kamar mandi dan WC Masjid Sultan Muhammad Salahudin diperhatikan, karena kondisi saat ini tercium aroma tak sedap. Jika kenyataan itu dibiarkan, maka bisa mengurangi kesan kurang baik bagi jamaah,terutama tamu luar daerah.
Laporan disampaikan dalam kolom ‘Lapor Pak!’ harian umum BimaEkspres. (BE.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar