Jumat, 31 Juli 2009

Produk Berbahaya Siap Dimusnahkan

Kota Bima, Bimeks.-
Ratusan jenis produk makanan, minuman kedaluwarsa dan kosmetika berbahaya hasil razia tim gabungan sejak bebarapa hari lalu, bakal dimusnahkan Senin (3/4) di samping halaman Musium Asi Mbojo. Isyarat itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima, Ratnaningsih.
Diakui Ratnaningsih, seperti yang diketahui sebelumnya, dalam razia berturut-turut dua hari sejak Rabu (297) lalu, tim terpadu yang terdiri dari Kepolisian, Pol PP, Linmas, Dikes, Diskoperindag, Inspektorat berhasil menjaring ratusan jenis makanan dan minuman kedaluwarsa serta produk kosmetika berhahaya. Dari seluruh toko, kios dan swalayan yang dirazia baik di wilayah sekitar kompleks pasar raya Bima, pasar Raba tim menemukan produk yang tak layak konsumsi itu.
“Tidak ada satu pun toko dan kios yang steril dari barang-barang yang kita incar itu, ada saja produk makanan maupun minuman dan kosmetika berbahaya yang mereka jual,” ujar Ratnaningsih di Diskoperindag Kota Bima, Jumat (317).
Lantas apa tindakan Diskoperindag terhadap sejumlah penjual yang nakal itu? Pemerintah, kata Ratnaningsih, masih memberikan kesempatan agar tidak mengulang menyimpan dan menjual sejumlah produk tak layak konsumsi itu. tim terpadu hanya sebatas mengamankan dan memusnahkan barang-barang itu. “Mereka masih akan kita bina, agar tidak menjual lagi barang-barang yang dilarang atau berbahaya itu,” katanya.
Kendati tim terpadu sudah menyisir banyak toko dan kios, diperkirakannya, peredaran makanan, minuman kedaluwarsa, kosmetikan dan produk berbahaya lain masih marak. Untuk itu, masyarakat atau konsumen diharapkan hati-hati, selektif dan memastikan produk yang dibeli layak dikonsumsi. Terutama menjelang bulan suci Ramadhan beberapa pekan lagi.
“Usahakan selalu memperhatikan label batas waktu penggunaannya, agar masyarakat tidak menjadi korban,” ingatnya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar