Jumat, 31 Juli 2009

Sebagian CJH belum Lunasi BPIH

Kota Bima, Bimeks.-
Hingga saat ini, 10 dari 296 warga yang tercatat dalam daftar Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Bima belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). Sesuai jadwal, CJH akan diberangkatkan sekitar November 2009 mendatang.
Kepala Seksi Urusan Agama Islam, Penyelenggara Haji dan Umrah Departemen Agama (Depag) Kota Bima, Rusdy, SH, mengatakan, meski masih ada sebagian yang belum melunasi BPIH, pemerintah masih memberikan tenggat waktu hingga menjelang keberangkatan November 2009 mendatang. “Hingga saat ini, dari jumlah yang terdaftar masih ada beberapa yang belum melunasi BPIH,” ujar Rusdy di Depag Kota Bima, Jumat (31/7).
Dikatakannya, seperti yang ditetapkan pemerintah belum lama ini, BPIH sebesar 3.512 dollar Amerika. Namun, itu juga bisa fluktuatif menyesuaikan nilai tukar dan posisi tawar Dollar. “Biaya itu disesuaikan dan bisa berubah-rubah setiap waktu,” katanya.
Menyoal kebijakan pihak kerajaan Arab melarang CJH umur 60 tahun ke atas pergi berhaji menyusul kasus flu babi, Rusdy mengaku, belum menerima surat resmi dari pemerintah mengenai larangan itu. Untuk sementara, semua CJH yang mendaftar akan diakomodir. “Kita tidak bisa menolak atau membatalkannya begitu saja, karena keadaan daerah kita ini orang-orangnya sensitif,” katanya.
Menurut Rusdy, secara umum, umur tidak bisa selamanya menjadi patokan dalam penentuan kelayakan CJH, karena ada beberapa orang yang memiliki fisik yang kuat meski sudah tua atau melampui 60 tahun. Seperti tahun lalu, umumnya usia CJH Kota Bima didominasi umur di bawah 60 tahun. “Kita tidak bisa mengukur kemampuan atau kekuatan orang itu melalui umur, bisa saja yang berumur masih kuat,” katanya.
Rusdy mengatakan, pemerintah akan tetap berupaya seluruh CJH yang terdaftar agar bisa berangkat haji. Soal kriteria dan penentuan akhirnya bergantung di tempat karantina Mataram. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar