Jumat, 31 Juli 2009

Warga yang Diduga Lumpuh Layu Diperiksa

Dompu, Bimeks.-
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dompu Barat, Kamis (30/7), memeriksa dua dari lima bersaudara warga Dusun Simpang Desa Bara kecamatan Woja Dompu, yang diidentifikasi diserang penyakit lumpuh layu. Pemeriksaan dua dokter RSUD Dompu itu dilakukan untuk mengetahuai apakah lima bersaudar itu benar-benar lumpuh layu atau tidak. Mereka yang diperiksa adalah Nurmiati dan Nuraini.
Sekretaris Dikes Dompu, Anwar M Saleh, S Sos, menjelaskan pemeriksaan itu dilakukan oleh dokter bedah dan anak, juga dibantu dokter senior lainnya. Disimpulkan,dua anak sebagai contoh pemeriksaan itu mengalami penyakit neoropethi atau kelainan saraf. Atau menderita kelainan saraf yang diakibatkan faktor genetik.
Katanya, pemeriksaan penyakit neoropheti itu berdasarkan dari hasil pemeriksaan oleh tim dokter . Dokter meyepakatinya dengan penyakit kelainan saraf, sehingga tidak kuat bergerak.
Diingatkannya, masyarakat Dompu jangan terlalu cepat menyimpulkan sebagai penyakit lumpuh layu, tanpa melalui proses medis. Selama ini kebanyakan mengetahui penyakit dideritanya hanya berdasarkan perasaan, padahal penyakit dideritanya kemungkinan tidak demikian.
Di samping itu juga, katanya, saat ini Pemerintah Kabupaten Dompu telah menyediakan suatu program kesehatan bagi rakyat dan hal itu patut disyukuri. Namun, kebanyakan warga jarang memeriksakan diri ke Puskesmas ataupun rumah sakit. Tapi, setelah penyakitnya parah baru dibawa ke RSUD.
“Dalam program Jakat itu sudah dengan jelas arah Pemerintah Dompu dalam memberikan jaminan kesehatan pada masyarakat,” katanya di Dompu, kemarin. (BE.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar