Minggu, 30 Agustus 2009

Dua Traffic Light Disiapkan di Sweta dan Karijawa

Dompu, Bimeks.-
Kepadatan arus lalulintas di beberapa ruas jalan di Kota Dompu yang semakin terlihat. Hal itu mengharuskan pemerintah daerah membangun prasarana pengaturan lalulintas yang memadai. Seperti pembangunan sarana lampu lalulintas (traffic light) yang saat ini dinilai tidak sebanding dengan kepadatan arus kendaraan di beberapa ruas jalan.
Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Dompu, Drs Sayuti Melik mengatakan, dalam waktu dekat akan membangun dua traffic light yang akan ditempatkan di  perempatan Sweta dan pertigaan jembatan Karijawa Dompu. Pemasangan itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada dua titik yang dianggap rawan kecelakaan itu.
Diakuinya, pengadaan traffic light itu anggarannya bersumber dari APNN dan APBD Kabupaten Dompu. “Insya Allah segera berfungsi akhir tahun ini. Kita sudah cek ke lokasi bersama Kasat Lantas Polres Dompu,” ujarnya.
Untuk tahun anggaran 2010, katanya, Dompu akan mendapat dana APBN sebesar Rp17 miliar dan akan dimanfaatkan untuk pembangunan dermaga pelabuhan laut di Soro Adu Kecamatan Pajo. “Dermaga itu akan setara dengan pelabuhan penumpang di Kota Bima,” katanya di Dompu, akhir pekan lalu.
Sementara itu, sejumlah warga berharap kemacetan di Dompu segera diatasi. “Kita berharap pemerintah membangun beberapa traffic ligh di jalur-jalur padat,” ujar Iwan, warga Dompu.
Hal yang sama juga diharapkan oleh warga Kota Dompu lainnya. Mereka menginginkan agar Dishubkominfo segera menambah pembangunan traffic light pada beberapa titik atau ruas jalan yang padat. Seperti di  perempatan Karijawa atau Sweta Kelurahan Bali I Dompu. “Setiap hari terkadap nyaris terjadi kecelakaan di jalur-jalur itu,” ujar M Saleh. (BE.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar