Kamis, 27 Agustus 2009

Jalan Kumbe-Oi Fo’o Didesak Dirampungkan

Kota Bima, Bimeks.-
Keberadaan sarana infrastruktur wilayah yang memadai merupakan salah satu faktor penentu kemajuan suatu daerah. Minimnya sarana dan prasarana infrastruktur wilayah, berdampak kurang menguntungkan bagi masyarakat. Seperti yang terjadi di Kelurahan Oi Fo’o Kota Bima saat ini.
Padahal, menurut pengakuan Lurah Oi Fo’o, Masrin, SPt, kawasan yang relatif masih terisolir itu memiliki potensi yang melimpah dan beragam. Di antaranya sayur-sayuran, kacang tanah, jagung, kedelai, padi, dan bengkoang (buri). Belum lagi dari hasil peternakan, seperti kambing, sapi, kuda, dan air susu.
Namun, diakui Masrin, keistimewaan yang melekat pada kelurahan yang baru dimekarkan itu tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai. Salah satunya kondisi jalan yang rusak parah, padahal jalan itu merupakan akses utama bagi warga setempat untuk melancarkan aktifitasnya.
Pasalnya, dari 5 kilometer (Km) jumlah keseluruhan jarak jalan antara Kumbe-Oi Fo’o-Radendeu yang baru di-hotmix hanya 200 meter saja. Jalan Oi Fo’o sampai Wangge, belum tersentuh sedikit pun. “Hal ini menyebabkan pengguna jalan ekstra hati-hati,” katanya kepada Bimeks di Kumbe, Senin.
Pantauan Bimeks, badan jalan yang tidak jauh dari mata air Oi Mbo itu kondisinya rusak parah, sulit dilewati kendaraan roda dua. Bahkan, pengendara terpaksa menggunakan jalan darurat di pinggir jalan.
Demikian juga pada beberapa lokasi setelah mata air Oi Mbo hingga memasuki Oi Fo’o. Karena kondisi jalan yang rusak parah itu, Lurah mengaku mengalami kecelakaan ketika menuju kantor. Akibatnya, anggota tubuhnya pegal-pegal, tangan, pipi, dan kaki lecet semua.
Masrin juga mengaku sudah pernah mengusulkan kepada pemerintah agar proyek pembangunan jalan itu segera dirampungkan. “Saya sudah mengusulkan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang, Red) tingkat kecamatan supaya proyek jalan segera diselesaikan, tetapi belum ada realisasinya,’’ katanya.
Warga Oi Fo’o, Ruslin (32 tahun), berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bima segera membenahi semua badan jalan itu agar pengendara nyaman. Hampir setiap kali melewati jalan itu mengalami kecelakaan. “Jangan sampai pengendara lain mengalami nasib seperti kami, sering jatuh’’ ujar pengojek itu di Kumbe, Senin. (K01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar