Senin, 24 Agustus 2009

Pesantren Kilat Digelar SMPN 1 Kota Bima

Kota Bima, Bimeks.-
SMPN 1 Kota Bima menggelar pesantren kilat di sekolah setempat mulai Senin (24/8) hingga Sabtu (5/9) mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq) dan mengisi Ramadhan dengan berbagai macam kegiatan.
Pesantren kilat adalah salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang diselenggarakan saat Ramadhan untuk peningkatan Imtaq. Di dalamnya juga mengajarkan hal-hal tentang puasa, pahala, dan dosa.
Kegiatan itu berlangsung intensif, siswa kelas III dari 25-28 Agustus, kelas II berlangsung dari 29 Agustus-2 September, dan kelas 1 dari 3-5 September. Sumber dana kegiatan dari OSIS.
Kepala SMPN 1 Kota Bima, Abdul Karim, SPd, MPd, mengatakan, akhir kegiatan akan ditutup dengan buka puasa bersama. Pesantren kilat diisi dengan beberapa lomba, antara lain peragaan shalat jenasah, shalat berjamaah, lomba azan, dan iqamah, muratal Quran, dan dirangkai dengan shalat Dzuhur berjamaah.
Hal senada dibenarkan pembina Imtaq SMPN 1 Kota Bima, sekaligus penanggungjawab pesantren kilat, H Abdul Karim Ismail, SAg. Katanya, kegiatan ini sebagai ajang pembentukan keimanan siswa dan pada akhirnya dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selain siswa, wali kelas dan guru pelajaran lain juga terlibat dalam pesantren kilat itu sebagai pendamping dan motivator siswa yang berkompetisi. “Kehadiran guru dan wali kelas, tingkat keseriusan siswa dalam berkompetisi lebih baik dan bernilai positif” ujar Karim.
Bagaimana kegiatan itu dalam pandangan siswa? Andri, siswa kelas III, mengaku sangat bermanfaat bagi pembentukan pribadi Islami. Siswa mendukung kegiatan pesantren kilat dengan berbagai mata lomba di dalamnya. “Ke depan kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan di luar bulan Ramadan,” katanya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar