Rabu, 30 September 2009

Bulog Dompu Rutin Kirim Beras ke NTT

Dompu, Bimeks.-
Saat ini, gudang Bulog Dompu menampung ribuan ton beras, hasil panen padi masyarakat bumi Nggahi Rawi Pahu. Tak heran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Bulog Dompu mengirim beras bagi masyarakat di NTT rata-rata 2.000 ton/tahun.
Kepala Gudang Bulog Dompu, Iye Ahmad, mengaku sampai saat ini telah mengapalkan sedikitnya 1.800 ton beras ke NTT. Diperkirakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat NTT, pengiriman beras masih akan berlangsung hingga akhir tahun atau mencapai sekotar 2.000 ton.
Katanya, gabah yang dihasilkan petani Dompu melebihi kebutuhan masyarakat sebanyak rata-rata 5.000 ton/tahun. Dari kelebihan itulah, Bulog mengirim ke luar daerah sesuai permintaan. “Memang ada kewajiban bagi daerah yang surplus gabah untuk membantu daerah yang kekurangan,” ujarnya.
Kebijakan untuk mengirim beras ke luar daerah, katanya, untuk membantu petani, terutama dalam menyetabilkan harga gabah saat musim panen. Diakuinya, sebelum program itu dilaksanakan, gabah hasil petani di Dompu banyak yang diantar-daerahkan oleh pengusaha, seperti ke Sumbawa dan Lombok. (BE.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar