Senin, 28 September 2009

Disnak Gelar Pelatihan Peningkatan Produktifitas Sapi

Bima, Bimeks.-
Upaya peningkatan produktifitas dan populasi ternak sapi terus digenjot untuk mendukung program Bumi Sejuta Sapi (BSS). Dinas Peternakan (Dsinak) Kabupaten Bima mengadakan pelatihan peningkatan produktifitas sapi bagi klaster kelompok peternak di wilayah kerja KAPET Bima.
Pelatihan berlangsung 28-30 September di hotel La Ila dan dibuka Kepala Disnak Kabupaten Bima, Ir Abdurrahman, mewakii Bupati Bima.
Pelatihan melibatkan 50 peserta dari 50 kelompok petani ternak dan enam petugas penyuluh. Narasumbernya adalah Ir Dahlanuddin, MRur.Sc, PhD, Ir Muh Musi, MS, Ir Lalu A Zaenuri, M.Rur.Sc, Ir Oscar Yanuarianto, MP, dan Thommy Andreas (peneliti ekonomi senior Bank Indonesia Mataram).
Materi yang disajikan mencakup sistem pemberian pakan strategis dengan penggunaan sumberdaya lokal, rekayasa sosial dalam meningkatkan produktifitas ternak sapi, manajemen reproduksi dan pemeliharaan ternak sapi. Materi lainnya yaitu pembuatan pakan komplit berbasis limbah peranian dan industri, pengawetan pakan  ternak serta pengolahan limbah ternak.  
Abdurrahman menyatakan, Survei Investigasi dan Rancangan (Survey Investigation and Design, SID) telah dilakukan Disnak pada kawasan So Oi Tui dan memulai secara teknis kawasan untuk dijadikan lokasi pengembangan kawasan berbasis  lahan pengembalaan (so) untuk mendukung program NTB Bumi Sejuta Sapi. “Selanjutnya, memperhatikan potensi dan budaya masyarakat yang antusias terhadap ternak, terutama ternak sapi,” katanya dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda, Abdul Wahab, SH.
Dia menghimbau masyarakat agar tidak saja mengandalkan pihak pemerintah. Harus ada dukungan pihak swasta, BUMN maupun BUMD dalam percepatan pertumbuhan ekonomi mikro maupun makro. Hal itu dapat dilakukan melalui suntikan modal kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan usaha peternakan dari sisi budidaya maupun bidang pengolahan hasil. (K03)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar