Senin, 28 September 2009

Masih Ada Siswa yang ‘Melanggengkan’ Liburan

Kota Bima, Bimeks.-
Hari pertama masuk sekolah kerap ada siswa yang tak masuk. Ada yang menyampaikan alasan, ada juga yang tanpa informasi apapun. Demikian juga di SMPN 03 Kota Bima. Tingkat kehadiran siswa hanya 75 persen saja dan itu diakui pihak sekolah terjadi setiap tahun pasca-Idul Fitri.
Bahkan, informasi yang dihimpun tak hanya hari pertama, ketidakhadiran siswa berlanjut hingga hari kedua, bahkan ketiga. Mereka menambah sendiri liburan, melebihi ketentuan atau jatah yang ditetapkan oleh pemerintah. Siswa memanfaatkan berekreasi ke sejumlah tempat wisata dan mengunjungi sanak-saudara yang tempat tinggalnya jauh.
Sejumlah siswa yang dihubungi mengaku, tidak masuk sekolah karena hari pertama kegiatan belajar-mengajar belum efektif.
Wakasek Bagian Humas SMPN 03 Kota Bima, HM Saleh Ismail, AMd, membenarkan hari pertama masuk sekolah banyak siswa yang tidak hadir. Tingkat kehadiran siswa hanya mencapai 75 persen dan itu terjadi setiap tahun pasca-hari raya. Semangat belajar siswa yang hadir saat mengikuti kegiatan belajar-mengajar belum optimal. “Karena situasi Lebaran pikiran siswa masih bercabang, jadi semangat belajarnya kurang,” katanya di Kelurahan Kumbe, Jumat (25/9).
Diharapkannya, kehadiran siswa akan kembali normal 100 persen pada Senin (28/9), karena Kepala SMPN 3, Basuki SPd, sudah menginstruksikan siswa agar memberitahu teman-temanya yang masih bolos lewat kegiatan Yasinan yang diselenggarakan pada hari itu.
Hal yang lain terlihat pada SDN 07 Kota Bima. Kehadiran siswa mencapai 90 persen pada hari pertama dan kedua masuk sekolah. Semangat belajar siswa pun terlihat tinggi.
Kepala SDN 07, Muhdar, SPd, mengakui tingkat kehadiran siswa hampir sama pada jam sekolah sebelumnya. Mereka pulang sekolah sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, yaitu pukul 12.30 Wita. “Jumlah kehadiran yang cukup tinggi setelah liburan panjang,” ujarnya.
Dikatakannya, hari pertama masuk sekolah, kegiatan belajar-mengajar di langsung dikontrol oleh pengawas Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikpora) Kota Bima.
Mengenai ketidakhadiran sejumlah siswa, katanya, pihak pengawas bisa memakluminya karena masih situasi hari raya. Asalkan tidak berlanjut sampai hari Senin (28/9) ini. (K03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar