Senin, 28 September 2009

STAIS Bima Gelar Kuliah Umum

Kota Bima, Bimeks.-
Kuliah umum STAIS Bima, Jumat (25/9) lalu, menghadirkan guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr H Ahmad Thib Raya, MA. Kuliah bertemakan ‘sarjana syariah, antara tantangan dan prospek’. Momentum itu bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa.
Ketua STAIS, Muhammad Mutawali, MA, menjelaskan perkuliahan itu sebagai proses awal untuk membuka pola pikir mahasiswa menghadapi era globalisasi yang kian menantang. Kedatangan guru besar UIN Syarif Hidayatullah itu untuk menjawab keraguan mahasiswa tentang masa depan alumni.
Mutawali menambahkan, saat ini STAIS memiliki 180 mahasiswa. Program kerja tahun ini adalah proses akreditasi BAN PT, sehingga dapat berubah menjadi STAI Al-Ijtihad dan menambah program studi baru Tarbiyah atau Pendidikan Islam. Sebelumnya hanya dua program studi, yakni Ekonomi Islam (Muamalat) dan Hukum Islam.
Kampus yang sudah berkiprah empat tahun itu, katanya, memiliki misi memajukan sumber daya manusia (SDM) bidang ekonomi Islam, STAIS juga lebih mengembangkan dunia pendidikan Islam.
Mengenai bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Mutawali mengaku, selama STAIS ada, Wali Kota Bima belum pernah memberikan bantuan dana untuk pembangunan dan pengembangan. “Padahal setiap tahun pihak STAIS tetap mengajukan proposal bantuan pada Pemkot Bima,” dosen IAIN Mataram yang diperbantukan di Kota Bima ini, Jumat di kampus setempat.
Katanya, bantuan hanya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan diberikan setiap tahun. “Semoga tahun ini Pemkot Bima mau membantu STAIS yang mahasiswanya didominasi oleh masyarakat Kota Bima,” katanya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar