Selasa, 29 September 2009

Ratusan CJH Ikuti Manasik

Kota Bima, Bimeks.-
Sebanyak 300 calon jamaah haji (CJH) asal Kota Bima mengikuti manasik haji di aula SMKN 3 Kota Bima, Selasa (29/9). Kegiatan itu dihadiri Kepala Departemen Agama (Depag) Kota Bima, Drs H Husni dan didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rasanae Barat dan Mpunda.
Menurut ketua panitia manasik, Syamsuddin, SH, pelaksanaan ini sesuai dengan ketentuan dan aturan tentang ibadah haji berdasarkan surat keputusan Menteri Agama RI. Kegiatan direncanakan selama tiga hari dan dimulai pukul 08.00-12.30 Wita.
Pantauan Bimeks, CJH terlihat serius mendengarkan paparan instruktur atau penceramah, H Husen Abubakar. Selain pelaksanaan manasik, panitia telah membagi kelompok CJH berdasarkan letak wilayah kelurahan.
Dalam satu kelurahan, terdapat CJH yang jumlahnya sedikit, dapat bergabung dengan CJH di wilayah kelurahan terdekat yang jumlahnya lebih banyak.
Syamsuddin menjelaskan, pelaksanaan manasik itu bertujuan agar CJH dapat memahami keberangkatan dari Indonesia hingga ke Makkah. Selain itu, menuntun tata cara beribadah haji sehingga meraih gelar haji mabrur.
CJH asal Kelurahan Mande, Abdul Latif, SPdI, mengaku kegiatan manasik sangat membantu dan banyak manfaat yang diperoleh untuk diaplikasikan pada musim haji nanti. Semua penjelasan mengenai pelaksanaan haji sangat jelas dan terinci sehingga dapat dipahami. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar