Jumat, 16 Oktober 2009

Warga Minta Jalan Nungga-Kumbe segara Diaspal

Kota Bima, Bimeks.-
Akses jalan tembus yang dirintis Wali Kota Bima, HM Nur A Latif antara Kelurahan Nungga hingga Nggaro Kumbe Kelurahan Kumbe Rasanae Timur diminta oleh warga Nungga agar secepatnya diaspal. Pasalnya, jalan tersebut selain mempercepat arus lalu-lintas juga sangat mendukung perekonomian masyarakat sekitar jalan itu.
Pantauan Bimeks, Jumat (16/10) dengan adanya akses jalan itu beberapa damtruk memanfaatkan jalan itu untuk mengangkut material, seperti batu, kerikil, dan mengangkut hasil pertanian warga dari Nungga, Kumbe dan Rabadompu. Sementara jarak tempuh jalan itu sangat cepat, sehingga mulai ada beberapa kendaraan yang berani melewati jalan itu, meski kondisinya belum baik.
Warga Kelurahan Lela Mase, Jaharudin, mengaku, beberapa akses jalan yang dibuka oleh Wali Kota Bima bukan hanya memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian. Tetapi ke depan akan bernilai ekonomis bagi masyarakat yang memiliki lahan sepanjang jalan tersebut.
“Saat ini saja mulai ada yang berani menawar tinggi tegalan dan lahan pegunungan. Padahal, beberapa tahun lalu tak ada orang yang meliriknya,” katanya di Ngungga, Jumat.
Jika kondisi jalan sekitar lokasi itu sudah diaspal, katanya, harga jualnya juga akan berbeda dengan saat ini. Apalagi, lahan untuk pembangunan rumah semakin sempit, sehingga banyak warga yang mulai membangun rumah sekitar lokasi pembukaan jalan baru, seperti jalan Kumbe-Rontu. Kini harganya melambung dan beberapa bangunan mulai terlihat.
Hal senada dikemukakan warga Nungga, Khalik. Kalau jalan Nungga Kumbe sudah dihotmix maka bukan hanya warga sekitar yang bisa menikmati jalan itu, tetapi pengendara sepeda motor akan melewati jalan itu karena bebas hambatan dan jarak tempuhnya juga cepat.
Dia berharap Wali Kota Bima memperhatikan jalan itu. Jangan hanya jalan lingkungan yang diperhatikan, tetapi jalan yang dibutuhkan masyarakat, terutama untuk mempercepat roda ekonomi juga diperhatikan, seperti jalan Melayu-Kolo, Nungga-Kumbe, Dodu-Santangi Wawo.
“Kita berharap tahun anggaran 2010 mendatang diprioritaskan sejumlah jalan baru itu,” katanya. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar